Selamat Datang di Blogs Artikel Komputer, Tutorial Komputer, Blog, SEO dan Belajar Bisnis Online untuk pemula

Sebab-sebab head cartridge printer tersumbat


Pernah ndak sie aga-agan pada saat membutuhkan printer malah printernya ngadat, kaya ane pagi tadi , udah diburu waktu eh malah catriknya ngadat, tadi pagi akan ane mau nyelesaiin laporan penggunaan dana operasional Program Keluarga Harapan…. Eh,,,, malah priternya ndak bisa ngeluarin tinta,,,, juengkel…. Akhirnya harus membersihkan dulu.
Nah setelah selesai membuat laporan, ane cari artikel yang membahas tentang cara perawatan head catrik, akhirnya oleh simbah google di arahkan ke sini.

Pastinya agan-agan tau apa sie fingsi dari Head Cartridge? Head Cartridge berfungsi mengatur keluarnya tinta yang secara langsung disemprotkan pada kertas (bukan disemprotkan CROT lo gan tapi menuliskan). Pada Head cartridge terdapat lubang lubang tinta dengan diameter yang sangat kecil (bahkan lebih kecil dari rambut manusia) yang jumlahnya banyak menyesuaikan DPI (Dot Per Inch) printer tersebut.

nah agar lubang yang sangat kecil itu tetap tidak tersumbat maka harus dilakukan perawatan, barikut ini ane share tentang penyebab buntunya/ tertutupnya lubang Head Cartridge yang sangat kecil itu tadi.


Debu atau kotoran kecil bisa menyebabkan cartridge buntu. Dari mana kotoran atau debu masuk ke cartridge? misalnya pada printer yang diinfus, seringkali debu-debu berkumpul disekitar lubang pengisian tabung tinta infus, seringkali debu masuk bersamaan mengisi tinta pada tabung infus.


Tinta prin yang kering ada Head Cartridge, hal ini terjadi priter tidak digunakan dalam wakt yang lama. Apabila tinta print sudah megering maka yang tejadi Head Cartridge akan tertutup oleh tinta yang kering tadi. Makanya disarankan dalam waktu 2/3 hari printer harus digunakan untuk ngeprin, walaupun hanya 1 lembar, hal ini di maksudkan agar tinta tidak sempat mengering.


sebab selanjutnya yaitu, Pemilihan tinta yang salah, isi ulang tinta yang tidak sesuai dengan kebutuhan katrit akan mengakibatkan tinta tersebut akan cepat mengering. Kalau saran ane sie ikuti saja saran atau cara peakaian dari pabrik, misalkan prnter canon ya harus menggunakan tinta yang diperunkan untuk canon, begitu juga printer merk HP atau merk-merk yang lain, sebab dalam pembuatan tinta sudah diukur untuk kebutuhan pada masing-masing printer.

Yang selanjutnya yang menyebabkan tersumbatnya catrik adalah Sering gonta-ganti merk jenis tinta. Bahan dasar pembuatan tinta merk satu dengan yang lainnya berbeda. Komposisi dan prosentase bahan dasar masing-masing tinta pun berbeda.

over dalam menggunakan printer juga bisa mengakibatkan tersumbatnya catrit pada printer agan sekalian. Apa lagi printer digunakan untuk mencetak full color, seperti gambar, foto dan lain-lain. Disarankan ketika untuk menge-print yang full color maka setelah ppemakaian kisaran 4-5 lembar hendaknya printer di istrirahatkan sejenak agar printer tidak terlalu Nggoyo dalam bekerja.
Nah yang ini jangan sampai terjadi, kalau sampai terjadi akibatnya bisa fatal.  Head catridge terjatuh dan ujung head terbentur benda keras, kalau yang ini kayaknya sudah tidak ada solusi lagi kecuali ganti catrit.

bagi agan yang sering lupa control terhadap ketersediaan tinta
 hendaknya harus lebih hati-hati lagi, karena dengan Kehabisan tinta dalam catridge dan masih digunakan untuk mencetak juga bisa membuat catrit agan tersumbat.

NAH SOLUSINYA KETIKA AGAN MENGALAMI KETERSUMBATAN CATRIT AGAN, MACA COBALAH MERENDAM CATRIT DENGAN ALKOHOL, ATAU MERENDAM DENGAN AIR PANAS (INI YANG BIASA SAYA LAKUKAN), TAPI AIRNYA HARUS KUDU BENER-BENER YANG PANAS. TUANGKAN AIR PANAS PADA WADAH CATRIT PADA WAKTU CATRIK MASUH BARU DAN LETAKKAN CATRIT PADA WADAHNYA YANG SUDAH TERISI AIR PANAS.
SEMOGA BERMANFAAT 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih atas inforx...

ADMIN mengatakan...

thanks artikelx gan ...

bisnis ibu rumah tangga
PPOB TERLENGKAP POSPAY
PPOB BRI SYARIAH-bisa kolektor
ppob gratis tis
ppob bukopin

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates